nikah sirih? why not?

Rancangan undang-undang tentang kawin siri dianggap melecehkan Islam. Alasannya dengan RUU tersebut otomatis menganggap kawin siri adalah bentuk perzinahan dan bisa dipidanakan. Padahal dalam Islam menganggap kawin siri adalah sah. Menanggapi hal tersebut, pemerintah meminta masyarakat melihat RUU tersebut dari sisi kesejahteraan wanita dan anak. Demikian disampaikan Menteri Agama Suryadharma Ali di Jakarta, Rabu (17/2).

Reaksi negatif warga terhadap RUU kawin siri memang terus berlangsung. Di Probolinggo, Jawa Timur, sekitar 3.000 ribu santri perempuan dan warga sekitar Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Pajarakan, Probolinggo, berunjuk rasa menolak RUU kawin siri karena dianggap melanggar ketentuan agama. Mereka berependapat, pemerintah seharusnya lebih proaktif menutup tempat prostitusi, karena lebih merusak masyarakat.
Menurut mereka, jika RUU itu disahkan menjadi undang-undang maka pemerintah dianggap menantang umat Islam. Mereka pun mengancam berdemonstrasi lebih besar jika pemerintah tetap pada keputusannya.

sumber : http://berita.liputan6.com/hukrim/201002/264301/Menag.RUU.Nikah.Siri.Lindungi.Perempuan




+ sebenarnya bagaimana sih nikah sirih itu?
_ sebelum bicara tentang pernikahan sirih, apa saja ya syarat sah nya sebuah pernikahan.

Pertama: Syarat syarat Nikah, ada lima:
1. Adanya kedua calon mempelai baik berupa nama atau ciri ciri
2. Ridha dari kedua mempelai
3. Adanya wali
4. Kesaksian dua orang laki laki muslim yang mukallaf
5. Kedua mempelai harus terbebas dari cacat dan penghalang pernikahan

Kedua, Akad Nikah, memiliki dua rukun,
Ijab, yaitu ucapan seorang wali perempuan kepada calon mempelai laki
laki: saya nikahkan atau saya kawinkan kamu dengan putri atau wanita yang di bawah kewalianku, Fulanah.

Qabul, maka calon suami menjawb : Saya terima atau saya rela dengan
pernikahan ini.

Ketiga, Mahar, hendaknya mahar dengan harta yang sedikit dan bukan dengan mahar yang mahal agar proses pernikahan semakin mudah dan berkah

sumber : http://www.mail-archive.com/belajar-islam@yahoogroups.com/msg00181.html

+ jadi secara agama sudah sah dong?

- yup, bener sekali!

+ cuma beberapa hari ini kok banyak ramai dibicarakan tentang RUU nikah sirih, apa maksudnya?

- hmm... banyak ahli yang lebih bisa menjawab lebih detail. kujawab dengan sebisanya ya (sambil nunggu kritik, tambahan, sanggahan plus dukungan pembaca blog yang kebetulan mampir dan baca artikel ini he he he)

sebenarnya ga ada yang salah sih dengan pernikahan sirih itu? menurutku sih ga ada yang salah dengan pernikahan sirih itu. secara hukum islam pernikahan itu sudah sah. cuma, kenapa beberapa hari ini stasiun televisi banyak menayangkan tentang kontroversi RUU nikah sirih?

ada asap pasti ada api (he he he) sekarang ini, terkadang (hampir kebanyakan) nikah sirih dipakai sebagai kedok untuk melegalkan perzinahan dan prostitusi. Nikah siri juga sering dipakai sebagai kedok. Tidak jarang pasangan lelaki-perempuan tinggal satu atau kontrakan dengan menggunakan status nikah siri, padahal sebenarnya mereka belum menikah. Tapi, orang tidak akan mengetahuinya, karena nikah siri tidak ada bukti tertulisnya.

cuma, juga semua tidak seperti itu. ada juga yang benar-benar telah melakukan nikah sirih karena beberapa alasan. mungkin saja karena ekonomi masih sulit dan belum bisa mengurus ke KUA. atau bisa saja nikah sirih dulu dan resepsinya belakangan dan masih banyak lagi alasan orang melakukan nikah sirih.

kalau tentang pembagian harta gono gini? syarat sah nikah sudah jelas. jadi tentang hal yang berhubungan dengan itu pasti juga jelas (silahkan tanya guru ngaji atau mbah google yaa)

jadi mau nikah sirih atau nikah secara tercatat secara hukum, pilihan ada pada anda.
yang penting.... sah (enakkk tenaaannn....) ^_^

Bagikan

Jangan lewatkan

nikah sirih? why not?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

5 komentar

Tulis komentar

jangan lupa tinggalkan komentarnya ya. kritik dan saran di tunggu. terima kasih atas kunjungannya..

Rekomendasi