Halaman

Sahabat ataukah Teman?

Teman dan sahabat, apa bedanya. Menurut saya jelas keduanya sangat berbeda. Dari susunan kalimatnya saja sudah jauh berbeda. Kalau menurut Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer” teman mempunyai makna sebagai ”sesama teman harus saling membantu”. Sedangkan sahabat atau persahabatan, masih menurut kamus itu adalah ”persahabatan yang kekal tidak akan bisa dibeli dengan uang”.

Coba saya sedikit ngasih analisa tentang dua pengertia diatas, dan juga akan saya coba bandingkan dengan kehidupan nyata di dunia ini. Pertama teman, sesama teman harus saling membantu. Saya tidak sepenuhnya setuju dengan pengertian ini, karena menurut saya kenyataannya bahwa teman tidak seperti itu. Teman menurut saya lebih pada pengertian yang sempit. Seperti teman bermain, teman bekerja, teman tidur dan teman-teman yang lain, hanya sebatas teman. Teman bermain ya hanya teman bermain saja, teman bekerja ya hanya teman bekerja saja. Pertemanan hanya sebatas ruang lingkup itu saja, dan kalau sudah diluar itu maka bisanya tidak akan ada hubungan apa-apa lagi. Biasanya teman tidak akan atau tidak mau merasakan apa yang sedang di rasakan oleh teman yang lainnya. Mereka cenderung tidak mau peduli, walapun tidak semuanya seperti itu.



Namun dari sekian teman itu, ada satu teman yang sangat bagus yaitu teman hidup. Namanya saja teman hidup, berarti susah senang akan dilalui bersama. Teman hidup di sini saya bisa mengartikannya sebagai jodoh (isteri atau suami). Kalau teman yang satu ini pasti akan berbeda dengan teman-teman yang lain.

Selanjutnya persahabatan, ”persahabatan yang kekal tidak akan bisa dibeli dengan uang”. Saya setuju dengan ini, karena memang persahabatan harus seperti itu. Dan kalau boleh saya kasih tingkatan, teman dulu baru persahabatan. Untuk mencari sahabat ini sangat susah, jujur sampai saat ini saya belum menemukan di dunia ini arti sebuah persahabatan. Saya sering kali hanya menemukannya arti dari teman. Karena hanya sebatas teman. Persabahatan hampir sama dengan jodoh, namun kalau di sini bukan isteri atau suami kita. Sahabat biasanya mengerti betul apa yang kita rasakan, baik itu sedih atau duka. Sahabat akan membantu kita jika kita ada masalah, tidak melihat kita ada uang atau tidak, tidak melihat kita pinter atau tidak, tidak melihat kita cakep atau tidak, dan lain sebagainya dan lain sebagainya.

Mencari teman itu gampang, namun mencari sahabat itu sangat susah. Seperti di sebuah lirik lagu ”raja dangdut” mencari teman itu mudah apa bila untuk teman suka, mencari teman itu susah apa bila untuk teman duka. Benar pak haji, mencari teman itu mudah kalau untuk bersenang-senang. Kita punya duit, punya kendaraa, saya yakin gampang sekali mencari teman. Tetapi apabila kita sedang tidak ada duit cendrung mereka akan meninggalkan kita. Nah mencari teman untuk duka/susah itu yang paling susah. Mana ada teman yang mau diajak untuk susah, mana ada teman yang mau mengerti dengan masalah kita.

Hanya sahabat yang mengerti dan memahami kita. Baik di dalam susah atau senang. Hanya sahabat yang mau membantu kita di saat kita menemui persoalan.

Sahabat dan teman jelas berbeda !!

Bagikan

Jangan lewatkan

Sahabat ataukah Teman?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

35 comments

Tulis comments
avatar
Anonim
23 Maret 2009 pukul 21.51

aku jadi mengerti kenapa ada seseorang yang memeta-metakan antara seorang teman,kawan dan sahabta. awalnya aku berpikir dy sombong. tapi setelah membaca artikel yang mas buat, aku jadi tau apa arti dari seorang teman dan sahabat itu. makasih ya!

Reply
avatar
Anonim
23 Maret 2009 pukul 21.52

waah...egois tu namanya bozz!

Reply
avatar
Anonim
24 Maret 2009 pukul 09.38

bener bro teman ma sahabat tuch beda banget! aku pernah suka ma cewek tu saringannya buanyak banget. mulai harus jadi temen dulu trus naik peringkat ke sahabat. eit masih ada lagi lho. itu tu TTM (teman tapi mesra) tapi sayang cuma nyampe peringkat ke TTM doang he he he.
salut buat mas nya ya.

http://www.goblog.co.cc

Reply
avatar
Anonim
24 Maret 2009 pukul 09.57

kalo aku sih teman ma sahabat ga berbeda. tergantung dari kita melihatnya. salam kenal

Reply
avatar
Anonim
24 Maret 2009 pukul 14.05

jadi inget ma aku dulu. dianggap cuma temen doang hiks hiks.

Reply
avatar
Anonim
25 Maret 2009 pukul 08.16

ya sing sabar wae to mz. memang kalo mau mendapatkan sesuatu tu perlu kesabaran n ketangguhan. kalau masih belum juga, ya terus berusaha sampai bisa. kalau masih belum bisa juga, yo wiz itu bukan jodoh nya sampeyan. trims buat komentarnya ya..

Reply
avatar
26 Maret 2009 pukul 11.56

"Hanya sahabat yang mengerti dan memahami kita. Baik di dalam susah atau senang. Hanya sahabat yang mau membantu kita di saat kita menemui persoalan."

Setuju...
Dan tidak mudah mendapatkan sahabat sejati.

Reply
avatar
Anonim
27 Maret 2009 pukul 12.18

buat Lis Indra... maksih buat komentarnya ya....

Reply
avatar
Anonim
27 Maret 2009 pukul 12.51

ttn stuju...ttn jg puny banyak temen,,,tp dg beberapa shabat...g smua org bisa diajak bicara dr hati ke hati dan bs dipercaya..jd sehabat bgi org lain adl hal yg sngat membanggakan buat ttn, krn tu g mudah u mndptkan kpercyaan org lain. smoga yang ada dsn bukan hany skedar teman berbagi cerita tp juga berbagi derita, karena dialah yg bisa dikatakan sehabat..thank's baut wibowo dah ajk ttn ke blog pmikiran ni..lam kenal dr titin

Reply
avatar
Anonim
27 Maret 2009 pukul 13.35

buat titin nya, sering - sering kasih kritik dan sarannya ya.. trims buat ngobrol nya tadi ^_^ ayo semangat kalau berkerja...
semangat!

Reply
avatar
28 Maret 2009 pukul 11.43

komen u kata pembuka setitik pemikiran.... oke buanget...boleh aku contek ya..? hehe...
persahabatan...hhhmmmm...menurut aku lbh sulit lg mencari sahabat sejati...
tapi Alhmdllh...aku sudah menemukannnya.... dia ada disaat suka dan duka ku....dimana orang2 pergi meninggalkan aku..disaat aku di timpa musibah..hanya dia yg setia menemani aku..dari situ aku mendapat suatu pembelajaran dan dapat mengetahui mrk yg benar2 baik dan yg hanya pura2 baik di depan ku...
inti dari semua ternyata terletak pada...KEJUJURAN dlm membina suatu hubungan..
sukses selalu untuk mu Wibowo yg mau menganggap ku sebagai kakak....thanx

Reply
avatar
28 Maret 2009 pukul 16.31

alhamdulillah.......akhirnya, kakakku mengirimkan komentarnya juga ^_^ thak's ya kak bintang!
by the way......kapan-kapan di ajak dong, main game nya hi hi hi... sukses juga buat kak bintang. silaturahmi nya jangan sampai terputus ya kak,

Reply
avatar
Anonim
28 Mei 2009 pukul 10.13

He.. he.. Bos Bowo sekarang udah bisa mengarang... moga2 bisa jadi pengarang sungguhan.Rosulullah juga menyebut sahabat kok pada mereka yg. beriman dan berjuang bersama beliau. Jadi aku cuma mo nambahin bahwa sahabat adalah temen seperjuangan yang tulus. from Udien ...

Reply
avatar
26 Agustus 2009 pukul 13.49

buat udin... sori dulu ya dipending tanpa ngomomg-mgomomg. berat banget tapi pasti ngrti khan alasannya finansialnya.

Reply
avatar
30 Juni 2010 pukul 12.16

setujuuu..
baca persahabatan.. jadi ane inget masa kecil dian sastro dulu.. *ngaku-ngaku* mode on, xixixi...

Reply
avatar
1 Juli 2010 pukul 05.57

betul sekali mas, dan sampai sekarang ini saya hanya bisa mendapatkan teman.

dan saya paling suka dengan kata ini "
Hanya sahabat yang mengerti dan memahami kita. Baik di dalam susah atau senang. Hanya sahabat yang mau membantu kita di saat kita menemui persoalan"

Reply
avatar
1 Juli 2010 pukul 09.33

@ joomla newbie : fffuhh..bang alkatro ini selalu saja ganti-ganti nama ya, jadi bingung netepin nama ae :D hayooo.... yang sama pas waktu masa kecilnya dian sastro apa tuh? terima kasih buat kunjungannya ya.

@ cinta pendidikan : sudah punya sahabat sejati belum? :D terima kasih buat kunjungannya yaa..

Reply
avatar
osi
1 Juli 2010 pukul 14.32

kadang sahabat jg dapat membunuh karakter n kesempatan kita utk maju

Reply
avatar
1 Juli 2010 pukul 15.51

Sahabat sejati bagaikan satu badan berdua , selalu ada saat kita butuhkan dan jika satu sakit yang lain ikut merasakan sakitnya

Reply
avatar
1 Juli 2010 pukul 15.57

Sahabat akan selalu berada pada saat kapanpun jua, entah itu senang dan susah. Dan ia bagaikan penyejuk dikala kegundahan itu datang.

Reply
avatar
1 Juli 2010 pukul 16.43

sahabat itu ada disaat suka maupun duka, sedangkan teman mah, kebanyakan ada disaat suka nya doang.

Reply
avatar
1 Juli 2010 pukul 17.21

kalau sahabat biasanya lebih mengerti dan memahami..pembahasan yang sangat menarik sobat

Reply
avatar
1 Juli 2010 pukul 19.38

Bagus sekali gan artikelnya

Reply
avatar
1 Juli 2010 pukul 20.13

met malam mas,,
kunjungan perdana ni di blognya,,
makasih banget ya udah mampir dan comment nya
hem hem,,
mungkin mas bisa baca postingan q sebelumnya
di http://umydiary.blogspot.com/2010/06/teman.html#comments
aq ad cerita dikit yang sedikit mengena dengan postingan mas sekarang ni,,

salam kenal mas

Reply
avatar
1 Juli 2010 pukul 22.35

hehehe bener mas
semoga kita menjadi sahabat yah :)
makasih atas kunjungannya ^^

Reply
avatar
1 Juli 2010 pukul 22.56

daLam menjaLin persahabatan bukannya saLing mengomentari atau mengkritisi kekurangannya, meLainkan saLing meLengkapi agar satu sama Lainnya menjadi kompak.
terima kasih atas sharenya.

saya ijin jadi foLLower di bLog ini, saLam persahabatan.

Reply
avatar
2 Juli 2010 pukul 03.06

teman dan sahabat memang beda .... kita dengan mudah mendapatkan teman dengan hanya cukup berkenalan saja ... tapi mencari sahabat membutuhkan waktu untuk mengenal satu sama lain .....

Reply
avatar
2 Juli 2010 pukul 11.19

sahabat itu selalu ada di kondisi kita seperti apapun, teman ya org yang kita kenal dan mungkin saja baru sedetik kita kenal ;)

salam kenal ^^

Reply
avatar
3 Juli 2010 pukul 08.30

sahabat ku dimanakah berada.....???terkadang mereka menikam dari belakang

Reply
avatar
4 Juli 2010 pukul 12.23

tulisan yang sangat bagus mas, teman dan sahabat kadang memang susah untuk dibedakan...namun pasti keduanya memiliki perbedaan, karena kalau sahabat bisa saja untuk orang yang belum pernah kita jumpai namun sering berkomunikasi seperti sahabat pena, sahaba blogger dan lainnya tapi kalau teman menurut saya orang yang pernah kina kenal secara fisik begitu kira2 hee..he...maaf kalau salah

Reply
avatar
4 Juli 2010 pukul 18.55

banyak teman tp sangat susah cari sahabat yah ;)

Reply
avatar
7 Juli 2010 pukul 21.26

@ osi : benar, terkadang sahabat sehaji bisa membunuh karakter kita. tapi 1-1000 to mas ^_^
@ munir ardi : ehemm...yang sudah mempunyai, pasti bisa merasakan dan mengatakannya
@ ifan jayadi : he'e..betul..betul..betull... (kata ipin upin hohohoho)
@ den hanafi : sering di gombali ya sam? ^_^
@ hendro prayitno : memang beda ya..
@ dani : Gan..ada lagu yang cocok buat pembahasan ini ga?? request donk!!
@ umy diary : malam juga..kunjungan perdana? kuharap berkunjung lagi ya besok-besok ^_^ iya ta? waah..segera meluncur neehh..
@ kang ian : iya..terima kasih. semoga bisa jadi sahabat hmm.. ada kopi nganggur ga, kang ian? ^_^
@ om rame : sssttt..... (sambil meletakkan telunjuk di depan mulut) ^_^ terima kasih buat follownya.
@ pak liek : hmm...kayaknya saya musti belajar banyak nih sama pak liek ^_^ salam kenal ya pak liek
@ ismi : hai...benar juga. baru sedetik kita kenalan sekarang sudah jadi teman ^_^ semoga kita bisa jadi sahabat ya minimal di blog hohohoh
@ ipin : ughh..positif thinking kayaknya lebih bagusan deh ^_^
rizal : kenapa musti minta maaf? kata-kata anda benar sekali. terima kasih komentarnya ya..
@ galang : kalau semua jadi sahabat nah.. rahasia kita jadi berceceran dimana-mana ^_^
@ all : terima kasih mau mampir dan memberikan komentar dan sarannya ya..

Reply
avatar
8 Juli 2010 pukul 10.28

Sahabat dan teman emang beda banget, seorang teman belum tentu bisa jadi sahabat, namun sahabat sudah pasti adalah teman yg paling setia menemani dalam suka dan duka..

Reply
avatar
9 Juli 2010 pukul 05.28

sahabat selalu ada tapi teman selalu datang dan pergi.. sahabat memang tidak selalu ada tapi tetap terkenang dalam hati :)

Reply
avatar
9 Juli 2010 pukul 09.08

@ lina Marliana : ^_^ benar sekali..terima kasih telah mampir dan memberikan komentar ya.
@ Kirana : Kira-kira sudah ada belum ^_^

Reply

jangan lupa tinggalkan komentarnya ya. kritik dan saran di tunggu. terima kasih atas kunjungannya..