Menambah Database Bahasa pada Translator XP

Kalau pada postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang cara instalasi Translator XP. Maka untuk kali ini saya akan membahas tentang cara menambahkan bahasa pada software tersebut. Untuk fitur standar bahasa yang dimiliki oleh translator XP portabel ini adalah terbagi menjadi dua bahasa yaitu bahasa asing dan bahasa daerah.


Untuk format bahasa asing meliputi :
  • Inggris, Italia, Rusia, Arab,Perancis, Portugis, Jepang, India, Jerman, Spanyol, Mandarin dan Belanda
Untuk format bahasa daerah meliputi :

  • Jawa, Minang, Sunda dan Banjar

Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan dengan translator XP ini selain menambahkan bahasa. Kita juga bisa menambahkan pembendaharaan kata, merubah kata, menambahkan idiom, membuat kamus bahasa sendira dan lain sebagainya. Untuk fitur lainnya tersebut akan saya bahas di postingan berikutnya.

Baiklah sekarang kita mulai membahas cara menambahkan bahasa pada software translator XP ini. Sedang bagi teman yang belum mempunyai softwarenya bisa download di sini.

Pertama kita buka dahulu software portabel translator XP > Tool > Bahasa Tambahan



(+) klik pada gambar untuk preview

Setelah itu akan muncul tampilan Bahasa Baru > tambahkan bahasa yang di inginkan > OK



(+) klik pada gambar untuk preview
Pastinya penambahan bahasa sudah sukses. Kita coba mengeceknya melalui Tambahan Bahasa. Atau masuk pada Translator > Bahasa > Tambahan (nama bahasa baru yang ditambahkan)



(+) klik pada gambar untuk preview
Kita sudah hampir selesai dalam proses menambahkan bahasa. Langkah selanjutnya adalah sekarang kita harus menambahkan dulu kata dan arti kata sebagai database pembendaharaan kata.

Sebelum penambahkan pembendaharaan kata dilakukan, kita lakukan dulu peng-aktifan penambahan database bahasa terlebih dulu. Dengan cara (pemberian tanda centang) masuk Translator > Metode> Bahasa Indonesia-Bahasa Asing/Daerah



(+) klik pada gambar untuk preview

Setelah mengaktifkan penambahan bahasa, silahkan masukkan database kata dengan cara lewat Translator > Database > Tambah Kata



(+) klik pada gambar untuk preview

Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kemudian isi dengan Kata > Arti > Alternatif (jika ada) > Jenis Kata > Tambah



(+) klik pada gambar untuk preview

Proses penambahan kata dalam database sudah selesai. Sekarang kita mencoba untuk merubah kata dari bahasa indonesia ke dalam bahasa jawa kromo inggil (kromo inggil) adalah bahasa jawa halus yang biasa di lakukan oleh orang yang lebih muda kepada yang lebih tua)


(+) klik pada gambar untuk preview

Masuk ke software portabel translator xp > Aktifkan Metode Bahasa (poin nomor 5) > ketikan bahasa yang akan di rubah menjadi bahasa kromo inggil > Konversi > hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini.



(+) klik pada gambar untuk preview



Mudah, bukan? Semoga sukses ^_^


Anda menyukai artikel yang saya buat? Silahkan download format PDF dan Softwarenya di bawah :


NB : Translator XP ini hanya berlaku untuk windows XP saja. Jadi yang memakai operating system windows 7 harap bersabar ya. soalnya saya juga lagi browsing dan belum ketemu juga :D

Bagikan

Jangan lewatkan

Menambah Database Bahasa pada Translator XP
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

13 komentar

Tulis komentar

jangan lupa tinggalkan komentarnya ya. kritik dan saran di tunggu. terima kasih atas kunjungannya..

Rekomendasi